Pages

priBotTab2

Sabtu, 13 November 2010

Pribadi Penuh Pesona

Mengutip STAT Ustad Salim A Fillah :
(keknya diriku memang addicted dengan penulis buku yang satu ini..)

Ku tulislah status FB malam ini :

Pribadi penuh pesona..
Jika lembut, seteguh Abu Bakr...
Jika keras, sepengasih 'Umar...
Jika pemalu, sedermawan 'Utsman...
Jika periang, sepemberani 'Ali...
...Maka sulit mencari alasan untuk tak mencintainya.

****

Hmm..kira-kira aku masuk karakter yang mana ya? Allah, bukannya mau sok-sokan maksa membanding2kan diri dengan mereka yang sangat JAUHHH TINGGI amalannya dibandingkan diri yang lemah ini...Sungguh, hanya sekedar motivasi..
Yup, harus kita akui semua prang memiliki sisi positif dan negatif (PASTI!)
Itulah yang menjadi mereka the real HUMAN..manusia sebenar-benarnya manusia...
Dan tugas kita sesungguhnya ialah mengenali potensi POSITIF dan NEGATIF kita dan mengupayakan semaksimalnya agar sisi POSITIF itu terus bertambah dan yang NEGATIF berkurang sedikit demi sedikit sehingga menjadi POSITIF!.

Ya kan? ok, coba keh di cek sifat -sifat mereka. Masing-masing dari mereka memiliki kecenderungan sifat dasar yang berbeda-beda dan mereka mampu dengan SUKSES menyeimbangkan sifat dasarnya dengan bingkai AKHLAK ISLAMI.

Abu bakar..beliau lembut, tapi tidak kemudian diam, pasif..Lembut beliau itu kokoh! SEKOKOH keyakinan yang beliau bangun terhadap Allah & RASULNYA..Beliau tidak diam..dalam Kelembutannya beliau berkarya..subhanallah..habis kata-kata rasanya menggambarkan sahabat Rasulullah yang satu ini. Bukan hanya cintanya pada Rasulullah...juga amalannya..bahkan dikatakan Rasulullah pada Aisyah ra : melebihi gugusan bintang di langit.

Umar bin khattab, beliau KERAS! Tetapi KERASnya itu lah yang membuat beliau TEGAS dalam memutuskan sesuatu, menjadi PEMBEDA antara HAQ dan BATHIL. Dan karena nya ketika beliau tau sesuatu itu memang HAQ, beliau luarbiasa membelanya..Tapi bukan hanya itu..UMar dikenal sangat pengasih, tak membiarkan rakyatnya hidup tak nyaman. Cinta dan baktinya pada rakyat terbukti dan telah teruji. Tak heran beliau lah khalifah pertama yang dipanggil dengan sebutan AMIRUL MUKMININ, pemimpinnya orang-orang beriman..Allah,,,merinding aku dibuatnya : menggingat surah AL HAQQAH..menginggat bagaimana AL QUR'AN menyentuh dalam hati UMAR yang ketika jahiliah dulu sangat KERAS dan MEMBENCI ISLAM. Merinding mengingat ketika tangan Rasulullah terangkat dan berdoa : "Ya ALLAH, berikan hidayahMu pada Abu Jahal atau Umar Bin Khattab"...Dan ALLAH memilih UMAR, khalifah yang kemudian membawa kemajuan besar bagi perluasan wilayah dan da'wah islam di kemudian harinya..

Ustman bin Affan, sosok pemalu itu..Jangkung, putih, dan tentu kita ingat bagaimana perannya dalam da'wah rasulullah...Sifat PEMALUnya itu tidak menjadikannya di MALU atau bahkan dengan alasan TAKUT RIYA' akhirnya enggan menginfakkan harta bendanya di jalan ALLAH. TIDAK! justru ialah yang berjasa membebaskan banyak budak, membeli sumur bagi kaum muslimin, dialah yang pandai memelihara silahturahmi, dialah yang berhati lembut, halus, cerdas, cermin intelektual sejati dan pengusaha yang berdikari!

Ali bin Abi Thalib, cerminan pemuda, dengan ghirohnya, dengan spiritnya, dengan gejolaknya yang khas pemuda. Sampai pepatah arab muncul " tidak ada pemuda selain ALI". ALI yang muda tapi sudah mengenal islam sejak sangat belia, berani dalam pertempuran, kuat, bahkan bukan hanya itu beliau juga kuat menahan godaan yang umum dialami juga pemuda bahkan sampai jaman sekarang. Tentu engaku semua ingat kan kisah CINTA FATIMAH dan ALI. Subhanallah..ialah ALI sang pemuda sejati! Sang GERBANG ILMU PENGETAHUAN, menantu dan sahabat tercinta Rasulullah..

mereka semua..mereka pribadi yang SUKSES menyeimbangkan kecenderungan sifatnya dengan AKHLAK yang diinginkan ALLAH dan RASULNYA..

Duhai, Para sahabat pengemban risalah..kepadamulah kami bercermin..
bercermin pada yang BERKILAU!

0 komentar

Posting Komentar