Pages

priBotTab2

Kamis, 29 Maret 2012

Masih tentang : AMANAH


Lingkaran cintaku kali ini kembali membahas mengenai amanah, dibawakan apik oleh sahabat qurani sekaligus 
Amanah sesungguhnya merupakan proses pembelajaran.
Dalam surah At Taubah : 105 dijelaskan bahwa Hai orang-orang beriman, bekerjalah kamu maka Allah, Rasul, dan orang-orang beriman akan melihat pekerjaanmu.
Sikap terbaik dalam menerima sebuah amanah :
1.    Mengerjakan dengan sebaik-baiknya
2.    Bersiap siagalah dan kuatkanlah kesabaran dalam menopang suatu amanah
3.    Membantu diri dan saudaranya dalam mengerjakan amanah.
Amanah merupakan salahsatu rahasia Allah. Terkadang kita tidak boleh bersikap santai ketika suatu amanah sudah selesai dikerjakan. Karena bisa jadi setelah amanah ini, Allah akan memberikan lagi amanah lain, siap ataupun tidak siap. Tetapi yakinlah tidak mungkin Allah memberikan sesuatu amanah yang diluar dari kemampuan hambaNya. Dia Allah yang Maha  Mengetahui, batas kemampuan dan hikmah dari amanah yang dilaksanakan setiap hamba.
Kita seringkali tidak menyangka kapan amanah itu dating dan berbentuk apa. Bahkan adakalanya pula, perencanaan pribadi kita bisa berubah karena kedatangan suatu amanah. Manusia memang wajar jika membuat rencana atau  mengkhusukan diri terhadap beberapa focus dalam hidupnya. Tetapi, Allah Yang Maha Adil, tentu paling tahu kesiapan suatu hamba. Sehingga amanah bisa saja datang tanpa kita duga, bahkan bisa mengubah semua rencana kita, sekalipun rencana itu baik.
Semangat menyelesaikan amanah sangat penting selalu dibangun. Bangunlah kesadaran bahwa Allah melihat kita dan pasti memberikan ganjaran dari setiap amanah yang ia berikan kepada kita. Nilai kita dimata Allah adalah setara dengan bagaimana tanggungjawab kita memenuhi amanah tersebut. Sudah banyak ayat Al Qur’an yang menyebutkan balasan Allah SWT atas amalan kebaikan yang dibuat oleh hambaNya. Diniatkan atau tidak, dinilai atau tidak, amanah harus dilaksanakan karena dia datangnya dari Allah SWT, sekecil apapun amanah yang diberikan kepada kita jangan dianggap remeh.
Alasan lain yang harus kita ingat agar senantiasa teguh memegang amanah :
1.    Amanah merupakan sikap yang dimiliki Nabi, Rasul, dan para malaikat
2.    Amanah merupakan tanda keimanan seorang muslim
3.    Sikap amanah lebih baik dari dunia dan seisinya
4.    Kualitas seseorang ditentukan oleh kekuatannya mengemban amanah.
Sikap Amanah yang baik menunjukkan iman yang baik dari seorang mukmin.
So, anda siap menerima amanah? Siap atau tidak siap, tetap saja amanah itu akan diberikan. Bersiap siagalah.. bersabarlah, dan kuatkanlah kesabaranmu.. Lalu katakan : “Wahai Amanah, Aku Punya ALLAH yang BESAR”
Akhir kata, met berjuang buat kita semua : MAN JADDA WA JADA !!

0 komentar

Posting Komentar